Irwandi Fokatea Buktikan Potensi Atlet Maluku Utara

TIMESINDONESIA, TERNATE – Seorang pemuda berlari di Gelora Kie Raha siang itu. Nafas dan langkahnya berpadu dalam irama konstan sepanjang area lintasan. Walaupun tubuhnya tersengat terik langit Ternate, ia menolak berhenti. Bagi Irwandi Fokatea semakin jauh melangkah, semakin dekat ia dengan tujuan. Ia ingin berada di posisi tertinggi melampaui Gunung Gamalama yang menjulang di hadapan.

Irwandi Fokatea, pemuda itu, adalah atlet lari jarak menengah. Pria asal Fatce, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara ini telah menjuarai berbagai turnamen atletik. 

Nomor spesialisasinya adalah 800 meter dan 1.500 meter. Namun, ia tak mau terlena oleh rekor yang telah diraih. Ia ingin berlari lebih jauh dan mencapai titik terbaiknya.Target Irwandi saat ini adalah mengukir lebih banyak prestasi di level nasional. 

Ia ingin bersaing dengan para atlet terbaik. Target itu pun terlihat nyata setelah Irwandi mengetahui kabar kegiatan “Athletics Open Danjen Kopassus Cup” yang digelar di Jakarta, 2–5 Juni 2022. Turnamen skala nasional ini melibatkan hampir 2.000 atlet atletik dari berbagai daerah.

Namun, kabar itu pula yang membuat perasaan Irwandi teraduk. Ia begitu antusias untuk membuat sejarah baru, tetapi bimbang karena sejumlah keterbatasan. Sarana dan prasarana latihan yang terbatas, serta tingginya biaya perjalanan ke ibu kota, adalah benang kusut yang menggumpal dalam benaknya.

Di saat perasaan risau menerjang, sosok pelatih Bahrin Omamoi datang menenangkan. Ia memberi pendampingan penuh agar anak didiknya ini mampu menorehkan prestasi lebih baik. Ia meyakinkan Irwandi bahwa kemampuan yang disertai semangat dan kemandirian akan mampu mengatasi segala persoalan.

“Irwandi punya potensi di bidang ini. Ia juga punya pengalaman bertanding di level nasional sebelumnya. Turnamen kali ini dapat menjadi peluang besar bagi Irwandi untuk meningkatkan prestasi dan memperluas pengalamannya,” ujar Bahrin, Sabtu (14/5/2022).

Mendapat dukungan penuh dari pelatih, semangat Irwandi pun menggelegak. Ia lantas mengencangkan tali sepatu dan siap memberikan yang terbaik. Tekad Irwandi kian bulat setelah mengetahui HARITA Nickel, perusahaan pertambangan dan hilirisasi di Pulau Obi, bersedia memastikan keikutsertaannya pada kejuaraan tersebut.

Bahrin Omamoi sangat menghargai dukungan itu sehingga anak didiknya dapat fokus berlatih dan berusaha mencapai hasil terbaik. “Kami bersyukur seluruh biaya telah ditanggung oleh HARITA Nickel. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk klub, Kota Ternate, Maluku Utara, dan seluruh pihak yang mendukung,” ungkap Bahrin.

Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) menjadi saksi perjuangan Irwandi. Tekad dan semangat pemuda berusia 21 tahun itu membuahkan hasil manis. Ia berhasil menjadi juara 1 pada nomor perlombaan 1.500 meter putra kategori umum, dengan catatan waktu 4:11.68. Tak hanya itu, ia juga menjadi juara 2 pada nomor 800 meter putra kategori umum, dengan catatan waku 1:55.92.

Tatkala meraih kemenangan tersebut, senyum lebar lahir di wajahnya. Atlet yang meraih juara IV pada Pekan Olahraga Nasional (PON XX) di tahun 2021 lalu ini tak mampu menahan rasa bahagia atas pencapaian barunya. 

Menurut Irwandi, torehan ini sangat penting untuk memupuk rasa percaya diri demi mengejar target-target mendatang. Terlebih lagi, banyak momentum yang hilang sejak pandemi Covid-19 merebak dan menghambat berbagai hal, termasuk kegiatan atletik.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama HARITA Nickel, yang memungkinkan saya ikut pada perlombaan ini. Saya senang dapat ikut serta, terutama setelah pandemi membuat berbagai target saya terhambat. Semoga saya dapat selalu memberi yang terbaik demi orang-orang yang mendukung saya,” ujar Irwandi, Minggu (5/6/2022).

Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan, memberi ucapan selamatnya kepada Irwandi atas prestasi yang diraih. 

“Irwandi telah membuktikan potensi atlet Maluku Utara. Semoga pencapaian ini menambah semangat Irwandi dalam mencapai hasil yang lebih baik di masa depan,” ungkapnya, Minggu (5/6/2022).

Danjen Kopassus juga berharap, kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke-70 Kopassus ini dapat melahirkan atlet-atlet unggul yang dapat bersaing di kancah global. 

“Besar harapan kami, melalui event ‘Athletics Open Danjen Kopassus Cup’ ini akan lahir atlet-atlet baru yang berbakat dan dapat diproyeksikan ke event yang lebih tinggi dan lebih bergengsi lainnya, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional,” ujarnya.

Perwakilan manajemen HARITA Nickel sekaligus Direktur Utama Trimegah Bangun Persada (TBP), Donald J. Hermanus, mengaku bangga dengan prestasi Irwandi. Menurutnya, HARITA Nickel adalah bagian dari Maluku Utara yang senantiasa mendukung perkembangan daerah, termasuk dalam bidang olahraga. 

Ia pun berharap semangat yang ditunjukkan Irwandi dapat ditularkan kepada altet muda lainnya.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi HARITA Nickel dapat menyertai perjuangan putra daerah hingga berprestasi di level nasional. Semoga upaya yang kita lakukan bersama dapat membuat nama Maluku Utara semakin harum dengan berbagai pencapaian dan prestasi,” ucap Donald

Kegiatan “Athletics Open Danjen Kopassus Cup” resmi ditutup oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia. Pada acara penutupan.

Tampak pula hadir Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Panglima Kostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Kasdam Jaya yang mewakili Pangdam Jaya, Brigjen TNI Edy Sutrisno.

Perlombaan yang berlangsung selama empat hari ini pun berhasil mencatatkan rekor MURI sebagai kejuaraan atletik dengan peserta terbanyak. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh ketua sekaligus pendiri MURI, Jaya Suprana, kepada Kopassus selaku pihak yang penyelenggara “Athletics Open Danjen Kopassus Cup”.

Sumber: Times Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.