Pulau Pogo-Pogo, Mutiara di Halmahera Selatan

Namanya memang belum sekondang Banda atau Pantai Ora. Tapi perairan pulau di Maluku Utara ini memiliki keindahan alam bawah laut yang masih sangat alami dan cantik. Kita bisa menjejalah jejeran pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang indah memanjakan mata.

Keindahan wisata alam dan bahari di Kepulauan Maluku memang sangat memikat. Kawasan yang berada di Timur Indonesia ini memang tak mudah dijangkau, tapi justru di situ daya tariknya. Laut dan pulau-pulaunya masih alami, menjadi habitat yang sehat bagi ribuan flora dan fauna, serta destinasi wisata yang istimewa. Seperti Pulau Pogo-Pogo di Halmahera Selatan, Maluku Utara ini.

Nama Pulau Pogo-Pogo memang belum sepopuler Pulau Banda atau Pantai Ora. Tapi kekayaan budaya dan alam pulau kecil ini tak kalah memikat. Pulau cantik di Kecamatan Bacan Barat ini memiliki pemandangan yang indah. Hamparan pasir putih, perairan jernih, serta terumbuh karang yang masih subur terjaga, menjadi menu utama jalan-jalan di Selat Pogo-Pogo.


Hamparan Pulau Indah Tak Berpenghuni


Jangan lupa bawa bawa baju renang dan peralatan snorkeling bila berencana berpetualang ke Pulau Pogo-Pogo. Perairan Pulau Pogo-Pogo memiliki keindahan alam bawah laut yang masih sangat alami dan cantik. Beragam jenis ikan yang menghuni terumbu karang yang terhampar sehat di perairan beningnya.

Pulau Pogo-Pogo letaknya tidak jauh dari Labuha, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan. Pulau ini bisa dicapai dengan transportasi laut speedboat, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Dari Pelabuhan Habibi di Labuhan, tarif pulang-perginya berkisar Rp. 1.500.000.

Perairan Pogo-Pogo memiliki jenis ikan yang beragam. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama bawa laut, menikmati sensasi memancing, serta lezatnya ikan segar dari perairan Maluku. Di Pulau Pogo-Pogo juga terdapat air terjun. Kita juga bisa menjejalah jejeran pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang indah, seperti halnya Raja Ampat, di Tawale Kecil, Tawale Besar serta Danau yang memanjakan mata.

Pogo-Pogo telah memiliki fasilitas akomodasi yang memadai. Di pulau kecil ini terdapat 13 cottage, 2 vila berfasilitas VIP dengan kolam renang serta fasilitas dengan jaringan internet. Harganya berkisar Rp. 600.000-1.200.000.

Pemkab Halmahera Selatan kini berencana membenahi berbagai infrastruktur jalan dari Labuha ke Indari, ibu kota Kecamatan Bacan Barat. Sehingga wisatawan bisa ke Pulau Pogo-Pogo dengan lebih mudah melalui Indari. Di pulau ini rencananya, Pemkab Halmahera Selatan juga akan membangun sejumlah desa wisata di sekitar kawasan Teluk Pogo-Pogo. Sehingga pengalaman wisata ke pulau ini lebih beragam, manfaatnya pun dapat dinikmati masyarakat setempat.

Halmahera Selatan memang kaya dengan wisata pulau yang masih alami. Selain Pulau Pogo-Pogo, kita juga bisa berpetualang ke Pulau Widi, Pulau Nusarah, Pulau Lelei, Pantai Gura Ici dan sejumlah objek wisata sejarah. Seperti benteng peninggalan Belanda dan Kedaton Kesultanan Bacan. Yuk, berangkat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *