Selama Ramadhan Puluhan Siswa SDN 217 Halsel Dapatkan Kelas Gembira dari Harita Group

Harita Nickel Division bekerja sama dengan Provisi Education kembali mengadakan program peningkatan mutu pendidikan di Desa Kawasi, di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara melalui Kelas Gembira Harita 8 -18 Mei 2019.

Kata salah satu tenaga Program Officer Provisi Education, Sarita Rahmi Listya Program ini merupakan kelas tambahan bagi para siswa SDN 217 Halmahera Selatan yang sedang menjalani libur panjang selama bulan Ramadan melalui kelas ini, diharapkan semangat belajar siswa tetap terjaga dan pelajaran yang telah diberikan pada kelas reguler tidak terlupa karena adanya liburan tersebut,

Melalui rilis yang diterima dari PT Harita pada Sabtu (18/05), tengah menjalani masa libur panjang, anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti Kelas Gembira Harita. Hal ini disebabkan kegiatan di dalamnya jauh dari kata membosankan anak-anak dari kelas I-V menikmati serunya bermain sambil belajar dalam kelas yang berbeda sesuai dengan tingkatan masing-masing misalnya bernyanyi, menari, menggambar, serta belajar membaca dan berhitung secara menyenangkan.

Dengan adanya kelas ini, imbuh Sarita, anak-anak bisa melakukan kegiatan belajar yang mengasyikkan daripada terus bermain ataupun tidak melakukan apa-apa. Dalam kegiatan ini, selain Sarita, terdapat dua guru bantu yang disediakan oleh Harita Nickel Division untuk mengajak anak-anak belajar bersama. Keduanya adalah Fenska Wakkay dan Nurhayati Hamaida.

Mereka secara bersama-sama menyusun program menarik bagi sekitar 90 siswa SDN 217 Halmahera Selatan yang terlibat dalam Kelas Gembira Harita kali ini. Fenska mengatakan, jika program ini tidak dilakukan, besar kemungkinan para siswa akan lupa tentang apa yang sudah dipelajari dalam kelas regular. Terlebih lagi, tidak semua orang tua mau mengajak anak mereka untuk mengulang pelajaran di rumah masing-masing,” ungkap Fenska saat dijumpai seusai Kelas Gembira Harita hari Rabu Tanggal 8 Mei 2019.

Para guru yang terlibat dalam kelas liburan ini memiliki tugas masing-masing. Fenska mengajak siswa kelas I dan II belajar matematika lewat bernyanyi bersama, melatih kemampuan membaca lewat metode menggambar, mewarnai, menebalkan huruf dan bermain kartu huruf. Ia juga menangani kelas V dan mengajak siswanya mengenal konsep jarimatika agar lebih mudah memahami dan mengingat perkalian.

Nurhayati mengajak siswa kelas III dan IV mengenal konsep pecahan dengan memanfaatkan kue yang dapat dipotong menjadi beberapa bagian sebagai contoh dalam keseharian, sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Sementara itu, Sarita mengawasi seluruh kegiatan agar berjalan sesuai harapan dan sering kali membantu mengajar di berbagai kelas.

Kegiatan ini mendapat berbagai apresiasi dari orang tua murid. Mereka merasa kepedulian Harita Nickel Division terhadap pendidikan di Desa Kawasi semakin meningkat dari tahun ke tahun, menanggapi sambutan yang begitu baik ini, maka Kelas Gembira Harita akan kembali diadakan pada bulan Juni mendatang dengan rangkaian kegiatan yang lebih beragam seperti mendongeng, menonton film dan berkarya bersama. Kegiatan ini juga rencananya akan melibatkan siswa-siswi dari SMPS Loji Permai dan SMAS Tunas Muda.

Kegiatan Kelas Gembira Harita hanyalah satu dari sekian banyak program yang dibentuk Harita Nickel Division bersama Provisi Education untuk mengimplementasikan School Development Program (SDP) di tiga sekolah yang berdekatan yaitu SDN 217 Halmahera Selatan, SMPS Loji Permai dan SMAS Tunas Muda. Dengan adanya upaya ini, diharapkan mutu pendidikan di Desa Kawasi semakin baik sehingga tercipta para penerus bangsa yang unggul dan kompeten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *