Taxi Listrik dari China

JAKARTA – Trend mobil ramah lingkungan yang saat ini lebih banyak mengarah pada kendaraan listrik, turut didukung oleh perusahaan angkutan penumpang atau taksi. Salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia berencana akan menggunakan mobil listrik untuk mendukung armadanya.

Sebagai tahap awal perusahaan taksi tersebut dikabarkan telah memesan sebanyak 100 unit mobil listrik BYD e6 asal Tiongkok. Mobil jenis crossover tersebut menjadi pilihan karena memiliki daya jangkau cukup jauh dengan kekuatan baterai yang dimilikinya.

Saat ini tiga unit BYD e6 diketahui sudah berada di salah satu pool perusahaan taksi tersebut. Namun rencana perusahaan taksi tersebut enggan mengungkap pembelian mobil listrik sebagai armadanya.

“Kita belum bisa menginformasikan rencana tersebut, namun kita tetap mendukung trend mobil listrik untuk mengurangi dampak polusi saat ini,” ungkap Direktur Perseroan Blue Bird, Andrianto Djokosoetono, saat dihubungi Okezone, Rabu (13/2/2019).

Meski demikian dirinya tak menampik, armada taksi bertenaga listrik akan menjadi pelayanan yang bisa dioperasikan perusahaan jasa angkutan penumpang di masa mendatang. Terlebih Pemerintah sendiri saat ini tengah memfinalisasi Perpres tentang mobil listrik.

Mobil listrik BYD e6 dibekali baterai berkapasitas 80 kWh yang mampu meletupkan tenaga hingga 121 hp dengan torsi sebesar 450 Nm. Pada kondisi baterai penuh mobil ini mampu menempuh jarak hingga 402 km.

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published.