Tidore Menjadi Satu-Satunya Daerah Di Maluku Utara Yang Meraih Predikat B Dari Hasil SAKIP Dan RB Awards 2021

Abadikini.com, JAKARTA – Kota Tidore Kepulauan berhasil meraih nilai B pada evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021, serta menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Maluku Utara yang meraih peningkatan nilai dan mendapat undangan langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk ikut hadir menerima penghargaan secara langsung di Jakarta.

Hasil Evaluasi SAKIP diterima langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim di Jakarta, Selasa (5/4/2022) bersama dengan beberapa kepala daerah lainnya.

Walikota disela-sela kegiatan mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi atas keberhasilan tim work dari Semua OPD se Kota Tidore Kepulauan yang telah berusaha maksimal sehingga Evaluasi SAKIP Kota Tidore Kepulauan mengalami peningkatan dari nilai CC menjadi nilai B.

“Kenaikkan Nilai ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja di setiap Perangkat Daerah di Kota Tidore Kepulauan”. Kata Capt. H. Ali Ibrahim

Lanjut Ali Ibrahim menyampaikan terima kasih kepada semua perangkat daerah yang telah berusaha dengan maksimal sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa berada pada predikat B. “Tapi kita jangan terlena pada titik ini, Saya yakin dengan kerjasama dari seluruh perangkat daerah kita dapat meraih nilai BB atau A. Yang paling penting adalah kerjasama bukan kerja sendiri-sendiri singkirkan ego sektoral untuk mencapai cita-cita melihat Kota Tidore Kepulauan semakin baik” Tutur Ali.

Kabag Organisasi, Munawar Sudin yang ikut mendampingi Walikota Tidore Kepulauan ikut mengatakan bahwa dengan peningkatan Nilai SAKIP, Kota Tidore Kepulauan telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja di setiap Perangkat Daerah di Kota Tidore Kepulauan.

Munawar lebih lanjut menjelaskan bahwa SAKIP merupakan salah satu alat ukur capaian kinerja pemerintah dan sebagai media pertanggungjawaban kepala daerah kepada publik ditambahkannya, “kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dicapai melalui perencanaan yang baik, pengarahan yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan” tuturnya.

Sementara itu, Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto menjelaskan, kegiatan penyerahan bernama SAKIP & RB AWARD 2021 hasil evaluasi ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah.

Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.

Dijelaskan, evaluasi reformasi birokrasi (RB) diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi sehingga tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel, dan mampu memberikan layanan prima pada masyarakat, bisa diwujudkan.

Sumber: Abadikini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.