Basarnas Selamatkan 16 Penumpang KM Mulin di Halmahera Selatan

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyelamatkan 16 penumpang KM Mulin yang mengalami mati mesin dan hanyut di sekitar perairan Pulau Gunange – Laigoma Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

“KM Mulin berangkat dari Ternate menuju ke perairan sekitar Pulau Siko dengan maksud untuk memancing ikan. Saat dalam perjalanan kembali ke Ternate tanggal 5 Juni 2021, pukul 19.30 WIT KM Mulin mengalami mati mesin dan hanyut sekitar perairan Pulau Gunage – Pulau Laigoma Kabupaten Halsel,” kata Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Senin (7/6/2021).

Dia mengatakan, setelah menerima laporan pada tanggal 5 Juni 2021, pukul 23.55 WIT dan Tim Rescue Basarnas Ternate diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR 237 Pandudewanata bergerak menuju ke LKP untuk melakukan pencarian dan pertolongan, dengan jumlah personel 12 orang.

Pada 6 Juni 2021, pukul 03.00 WIT, KN SAR 237 Pandudewanata menemukan kapal pada koordinat sekitar 3,17 Nm arah barat daya dari LKP dengan hasil seluruh penumpang dalam keadaan selamat dan telah dievakuasi ke atas KN SAR 237 Pandudewanata untuk dibawa menuju ke Pelabuhan Bastiong Ternate.

Pukul 10.50 WIT, KN SAR 237 Pandudewanata dan seluruh ABK tiba di Pelabuhan Bastiong Ternate selanjutnya ke 16 penumpang KM Mulin diserahkan kepada pihak keluarga.

“Dengan telah dievakuasinya seluruh penumpang dalam keadaan selamat, Tim Rescue Basarnas Ternate melakukan debriefing dan evaluasi operasi SAR. Selanjutnya Operasi SAR selesai dan ditutup,” katanya.

 Sumber: BeritaSatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.