Kapolda Malut Kunjungi Perusahaan Tambang Nikel PT. Harita Group

Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Rikwanto mengunjungi lokasi perusahaan tambang PT Harita Group, di Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

“Tujuan kunjungan Kapolda Malut ini untuk mengawasi, dan mengontrol aparat yang melakukan pengamanan di perusahaan tambang PT. Harita Group,” ujar Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan lewat rilis yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Rabu (23/9).

Menurut dia, selain mengontrol dan mengawasi, Kapolda juga memberikan pengarahan terhadap para anggota yang mengamankan perusahaan pertambangan yang bergerak di nikel ini.

“Jadi, Pak kapolda ingin melihat dari dekat soal pengamanan di lokasi tambang nikel tersebut,” tandas dia.

Menurutnya, kehadiran industri bahan baku baterai kendaraan listrik ini adalah kebanggaan bagi Malut karena merupakan yang pertama di Indonesia.

“Kami sangat mendukung perusahaan yang serius berinvestasi di Malut. Kehadiran perusahaan akan membawa banyak sekali dampak positif, khususnya bagi masyarakat lingkar tambang dan lingkungan.” ujaranya

Adanya investasi juga akan memberi kontribusi bagi negara, baik Pusat maupun Daerah. Karenanya, dia meminta semua pemangku kepentingan dapat mendukung hal ini serta menjadikan Malut sebagai daerah yang aman dan nyaman untuk investasi. “Yang terpenting, semua harus sesuai dengan aturan,”pintanya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolda Malut didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) dilingkup Polda Malut.

Dalam kesempatan itu, Kapolda dan jajarannya menyempatkan diri mengelilingi kawasan operasional Harita Nickel. Rombongan melihat aktivitas operasional peleburan nikel (smelter) yang telah beroperasi sejak 2016. Selain itu, Kapolda juga meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (refinery) yang telah memasuki tahap akhir.

“Penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Harita sudah berjalan dengan baik. Ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Tidak boleh ada yang menyepelekan atau mengabaikan protokol kesehatan di masa pandemi. Semua untuk kebaikan kita bersama, perusahaan dan juga keluarga kita”, tutup Kapolda 

Sumber: Teropong News

Leave a Reply

Your email address will not be published.